Langsung ke konten utama

DJP Online - Solusi kilat error STATUS CODE 0 pada saat e-Filing SPT Tahunan 1770S ​

Pada saat pengisian spt tahunan 1770S melalui pilihan efiling di situs djponline, kasus error “status code 0” sudah menjadi momok yang menyebalkan bagi sebagian wajib pajak, karena akhir-akhir ini frekuensinya semakin sering muncul.

Sebenarnya kasus seperti ini sudah saya posting di blog saya ini di artikel "e-Filing DJP Online- Serba-serbi Permasalahan dan penyelesaiannya", namun masih bersifat umum dan tidak fokus ke masalah error “status code 0” saja.
Error tersebut biasanya muncul pada saat wajib pajak mengklik tombol “simpan” setelah pengisian spt selesai dan ketika wajib pajak akan submit/kirim spt setelah mendapatkan token/kode verifikasi.
Pada tahun-tahun sebelumnya, tersangka penyebab error tersebut adalah adanya pengisian baris/field yang seharusnya berisi tulisan atau angka tertentu namun terisi angka 0.
Tetapi error “status code 0” tersebut ternyata masih muncul juga, meskipun wajib pajak sudah mengecek dengan sangat hati-hati dan mengisi semua kolom pengisian pada efiling dengan benar dan tidak mengandung unsur angka “0” lagi.
Nah, untuk menghindari kendala seperti di atas, ada baiknya ketika akan membuat spt tahunan 1770S melalui pilihan efiling di djponline anda mengikuti langkah-langkah yang simpel dan terbukti ampuh ini.

Berikut urutan langkahnya :

1. Buka browser yang akan digunakan untuk membuka situs djponline, klik tools, pilih new window dengan mode private browser (new private window). Saya akan mencontohkannya pada browser mozilla firefox, untuk browser lainnya dapat menyesuaikan karena pada dasarnya semua browser menunya mirip-mirip juga kok.
2. Setelah anda membuka browser dengan mode privat ini (ditandai munculnya logo topeng pada pojok kanan browser), masuk ke situs djponline.pajak.go.id dan login seperti proses pengisian efiling biasanya.
3. Sebelum memulai pengisian efiling, klik menu profil lengkap pada bagian kiri bawah menu awal djponline.
Update nomor handphone yang tadinya depannya 0 diganti menjadi 62, klik ubah profile. Jika nomer telepon sudah berawalan 62, ubah menjadi 0, klik ubah profile , ubah lagi menjadi 62, klik ubah profile lagi.
4. Lakukan kembali proses pengisian spt tahunan 1770S dengan efiling seperti biasanya. Ingat! masih dalam mode private.

5. “status code 0” seharusnya sudah tidak muncul lagi.


6. Jika masih muncul  error tersebut saat simpan SPT, padahal sudah menjalankan langkah langkah diatas, coba buka tab baru di browser anda, masuk lagi ke situs djponline.pajak.go.id. Jika posisi akun anda log out, segera login kembali lalu masuk ke menu efiling. Kembali ke tab browser pengisian spt tahunan anda dan coba klik kembali tombol simpan SPT.

Sekian dari saya dan semoga bermanfaat!


Komentar